Sabtu, 28 April 2012

Renungan: Cara Pandang Kekayaan

Bacaan: Yakobus 5:1

"Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya,, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kam."

Peringatan ini ditujukan untuk orang-orang kaya, tapi orang kaya yang seperti apa yang dikatakan alkitab?

Dalam buku "iman dalam perbuatan", yang dimaksudkan oleh penulis Yakobus adalah bukan sekedar orang kaya "an sich", melainkan mereka yang menggantungkan seluruh hidupnya, masa depannya hanya kepada harta benda, termasuk juga orang miskin yang melihat kekayaan sebagai jawaban atas segala masalah.


Orang yang mempertuhankan kekayaan, seolah olah kekayaan yang paling berharga dalam dunia ini, mereka akan menangis dan meratap, kata alkitab.


Di dalamnya mengandung makna shock, terkejut luar biasa, ketakutan, kengerian dan penderitaan yang luar biasa.


Yakobus menyatakan ini bukan supaya kita membenci kekayaan, melainkan supaya kita tidak menggantungkan diri kepada sesuatu yang kita tahu akan binasa dan tidak dapat menolong kita pada akhirnya.


Di dalam Amsal dituliskan: "Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh, tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda."


Yesus bahkan mengatakan; "di mana hartamu berada di situ hatimu berada", oleh karena di situ terletak hati kita, maka penting sekali kekayaaan diterangi secara religius.


Oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan introspeksi diri, bagaimana sikap hati kita terhadap kekayaan, bagaimana cara kita memperoleh kekayaan dan bagaimana kita mempergunakan kekayaan kita.


Apakah harta benda yang kita miliki didapat dari menindas, memeras, menipu orang lain?


Yakobus pada ayat-ayat selanjutnya menekankan bahwa Tuhan membenci orang yang menekan orang miskin dan lemah dalam mengumpukan kekayaannya.


Dan apakah kekayaan kita, dipakai untuk memuliakan Tuhan atau kita habiskan untuk berfoya-foya, memuaskan hati dan hawa nafsu kita?



Tuhan Yesus memberkati.

(sumber: Life Is Beatiful)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.